Peran dalam supply chain : letak dimana dari rantai pasokan.
Peran dalam strategi kompetitif : Fasilitas merupakan kunci driver dari performansi supply chain dalam konteks responsif dan efisien.
Komponen dari fasilitas :
- Peran -> Untuk fasilitas produksi, perusahaan harus memutuskan apa mereka akan fleksibel, khusus atau kombinasi dari dua.kapasitas fleksibel dapat digunakan untuk banyak priduk tapi efeknya menjadi kurang efisien.sedangkan kapsitas yang khusus hanya dapat digunakan untuk produk yang terbatas sehingga lebih efisien.perusahaan juga harus memutuskan design dari fasilitas yang lebih fokus terhadap produk atau fungsi.
- location -> memutuskan dimana perusahaan akan meletakan fasilitas .dalam penetuannya perusahaan harus mempertimbangkan situasi dari mulai segi faktor makro ekonomi,kualitas pekerja,biaya pekerja,biaya fasilitas,ketersediaan infrastruktur,kedekatan dengan pelanggan,dan faktor strategi lainnya.
- capacity -> perusahaan harus menentukan kapasitas dari fasilistas untuk melaksanakan sebagaimana fungsinya.apabila kapasitas jumlahnya besar maka akan membuat perusahaan menjadi lebih fleksibel dalam memenuhi kebutuhan tapi hal ini akan menimbulkan biaya yang tidak sedikit yang dapat menurunkan efisiensi,sedangkan bila kapastias jumlahnya kecil maka responsif akan lebih berkurang tapi akan mejadi lebih efisien.
- Inventory
Peran dalam strategi kompetitif : dengan menyediakan inventory yang jumlahnya banyak maka akan menjadi lebih responsif dan dapat menjadi lebih dekat dengan customer.
Komponen dari inventory :
- Cycle inventory -> rata rata jumlah inventory yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan permintaan biasanya.
- Safety inventory -> diadakan guna memenuhi ekspektasi dari sebuah perkiraan kedepannya.misal pada saat tahun baru,hari besar dan yang lainnya.
- Seasonal inventory -> diadakan untuk memenuhi permintaan pada saat musim musim tertentu.misal pada saat musim hujan dengan inventory produk payung.
- Transportation
Peran dalam strategi kompetitif : mendekatkan kepada pelanggan.apabila pelanggan mau membayar dengan fee yang lebih tinggi maka akan menjadi lebih responsive,tapi bila tidak maka perusahaan akan menggunakan mode transportasi yang normal.
Komponen dari transportation:
- Design of transportation newtork à transportation network adalah kumpulan dari mode transportasi,lokasi dan rute produk yang dikirimkan. perusahaan harus menentukan mode transportasi apa yang dapat mensuply secara langsung dari sember ke titik terdekat customer.
- choice of transportation mode à mode transportasi adalah adalah cara di mana suatu produk akan dipindahkan dari satu titik lokasi ke lokasi lainnya dalam jaringan supply chain.perusahaan bisa menentukan memakai truck,mobil,pesawat atau yang lainnya.
- Information
Peran dalam strategi kompetitif : digunakan untuk membuat perusahaan lebih efisien dan lebih responsif.pertumbuhan teknologi informasi industri yang luar biasa merupakan bukti dari dampak informasi yang dapat meningkatkan perusahaan. selain itu informasi juga di gunakan untuk mereduksi biaya dan menignkatkan responsif perusahaan.
Komponen dari information:
- Push Vs Pull -> Push sistem umumnya memerlukan informasi dalam bentuk kebutuhan bahan perencanaan untuk mengambil jadwal produksi induk . push sistem juga melakukan spekulasi demand. sedangkan, pull sistem membutuhkan permintaan aktual untuk ditransmisikan sangat cepat sepanjang seluruh rantai pasok sehingga produksi dan distribusi dapat merefleksikan permintaan secara akurat.
- Coordination and Information Sharing -> koordinasi dalam supply akan terjadi ketika seluruh tahapan dari supply chain bekerja menuju maksimalisasi profit dalam supply chain berdasarkan informasi yang ada.kurangnya koordinasi dapat menyebakan kehilangan keuntungan secara signifikan.
- Forecasting and aggregate supply planning -> permintaan merupakan sebuah seni dan ilmu dalam membuat proyeksi permintaan di masa depan dan kondisi masa depan.untuk memperoleh informasi mengenai peramalan bisa menggunakan aplikasi yang lebih canggih yang di gunakan untuk meramalkan permintaan di masa depan.sedangkan agregate planning digunakan untuk merubah data peramalan menjadi rencana aktivitas guna memenuhi permintaan yang telah diramalkan.
- Sourcing
Peran dalam strategi kompetitif : dapat membantu perusahaan untuk menjadi lebih responsif apabila dirasa oleh perusahaan akan meningkatkan biaya apabila perusahaan melakukannya sendiri.
Komponen dari sourcing:
- IN-House outsource
- Supplier selection
- Procurement
- Pricing
Peran dalam strategi kompetitif : merupakan atribut penting perusahaan dalam melaksanakan strategy competitive,perusahaan menggunakan harga untuk membangun supply chain dalam mempertemukan antara dua keinginan seperti transportasi dengan ketersediaan produk.
Komponen dari pricing:
- Pricing and economic of scale
- everyday low pricing Vs high-low pricing
- Fixed pricing Vs Menu Pricing
sumber:
Meindil, Peter and Sumil Chopra, 2007, “Supply Chain Management”, New Jersey: Pearson.
Rahman, S., & Wu, Y.-C. J. (2011). Logistic outsourcing in China: the manufacturer-cum-supplier perspective. Supply Chain Management: An International Journal, 462-473.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi ega. Isi pendapat anda tentang blog ini di Testimoni. Tinggalkan pesan di Blogroll untuk tukaran link